The Fray

The Fray adalah band asal Colorado, Amerika yang terbentuk sejak tahun 2002. Band ini beranggotakan Isaac Slade, Joe King, Dave Welsh dan Ben Wysocki. Salah satu ciri khas band ini adalah teknik falsetto dan aksen Amerika yang kuat milik sang vokalis, Isaac Slade.

 

 

Lirik lagu The Fray banyak bercerita tentang tema kehidupan sehari-hari termasuk kebahagiaan, cinta, kesedihan, bahkan tema perang. Dengan tema yang dalam dipadu dengan aliran musik pop rock dan power ballad, banyak pendengar yang menganggap mereka beraliran emo. Band ini banyak mendapat pengaruh musik-musik dari The Wallflowers, Counting Crows, Better Than Ezra dan U2.

KARIR


The Fray pertama kali terbentuk pada tahun 2002 dari pertemanan antara Slade, Joe King dan Ben Wysocki yang kebetulan aktif dalam gereja yang sama. Mysocki  kemudian mengajak David Welsch bergabung, lalu Isaac dan Joe mengajak adik Slade, Caleb untuk menjadi bassist The Fray. Caleb akhirnya ikut bergabung namun kemudian mengundurkan diri. Cerita Calebini kemudian menjadi isnpirasi lagu Over My Head (cable car) yang bercerita tantang hubungan antara kakak dan adik.

 

 

Karena alasan pendidikan, Zach Johson mengundurkan diri. Posisinya kemudian digantikan oleh Ben Wysocki. Sedangkan untuk posisi bassist yang ditinggalkan Caleb, The Fraybelum menemukan pengganti yang tepat dan memutuskan untuk menggunakan additional bassist saja.



The Fray pertama kali merilis mini album di tahun 2002 dengan judul MOVEMENT EP. Tahun berikutnya mereka kembali merilis mini album berjudul REASON.

 

 

Album pertama The Fray dirilis pada 13 September 2005 dengan single andalan Over My Head.Tidak butuh waktu lama, lagu ini masuk menjadi top 40 di beberapa tangga lagu internasional dan meraih dobel platinum di Australia, Kanada, New Zealand dan Inggris.

 

 

Kesuksesan single Over My Head turut mendongkrak single How To Save A Lifeyang sebenarnya tidak dijagokan menjadi hits. Lagu ini akhirnya digunakan untuk iklan serial Grey's Anatomy. Hanya seminggu setelah promo, How To Save A Life berhasil menjadi top 40 hit di USA.

 

 

Di tahun 2007, The Fray merilis kembali single How To Save A Life dalam bentuk CD/DVD dengan bonus proses pembuatan album pertama mereka. The Fray juga merilis kembali mini album mereka, REASON dan sebuah live cover lagu John Lennon dan Yoko Ono,Happy Xmas (War Is Over) sebagai single natal.

 

 

Tahun 2009 single You Found Me dirilis. Single ini meraih puncak tangga lagu Billboard 200 chart dan berhasil terjual 179.000 keping sejak seminggu pertama dirilis. The Frayjuga bekerja sama dengan Timbaland dalam album Shock Value II. Setelah proyek kerja sama ini, The Fray mengumumkan akan menyiapkan mini album yang rencananya akan berisi lagu-lagu cover dari Annie Lenox, Billy Joel dan Bob Marley.

 

 

Tahun 2011, The Fray merilis album ketiga berjudul SCARS AND STORIES. Slade menyatakan bahwa berbeda dengan album-album sebelumnya, album ini lebih agresif dari segi lirik dan musik. Beberapa single andalannya antara lain Heartbeat, The Fighter, Here We Are dan Run For Your Life.

DISKOGRAFI
HOW TO SAVE A LIFE
THE FRAY
SCARS AND STORIES

Lebih Lengkap