the GazettE


The Gazette, band dengan genre Japanese visual kei rock ini terbentuk pada tahun 2002 di Perfektur Kanagawa, digawangi oleh Ruki, Reita, dan Uruha. Setelah sebelumnya sempat tergabung di band lain dengan aliran yang sama, tiga orang tersebut memutuskan membentuk band baru ini. Selanjutnya mereka merekrut Aoi dan Yune untuk mengisi posisi yang masih kosong. Dua orang yang mereka rekrut merupakan mantan personel Artia, dan akhirnya The Gazette resmi terbentuk pada Januari 2002. Matina adalah label yang pertama kali mengontrak mereka, dan Wakaremichi menjadi single pertama.

KARIR
Pada awal tahun 2003, Yune memutuskan keluar dan digantikan oleh Kai yang menawarkan diri. Tak lama, PS Company mengontrak mereka dan pada bulan Mei, sebuah mini album diluncurkan yakni COCKAYNE SOUP. Perjalanan berlanjut menuju tur dengan berkolaborasi dengan band lain. The Gazette mengawali tur pertama mereka dengan berbagi panggung bersama Hanamuke, dan berlanjut pada tur-tur selanjutnya bersama Vidoll dan Deadman. Sepanjang tahun 2003 sampai 2004, mereka sempat merilis mini album MADARA dan DVD konser, HEISEI BANKA. Baru pada 13 Oktober 2014, mereka merilis album studio pertama, DISORDER.

Setelah sempat meluncurkan GAMA sebagai mini album selanjutnya pada tahun 2005, mereka mengerjakan album kedua yang dinamai NIL yang dirilis pada 8 Februari 2006. Di tahun yang sama, band yang selalu berkostum unik ini melakukan konser di luar Asia untuk pertama kali. Konser tersebut dihelat di BeethovenHalle, kota Bonn, Jerman pada sebuah konvensi anime dan manga. Konser tersebut menjadi langkah awal mereka untuk menjalani tur Eropa. Baru pada Oktober 2008, tur Eropa pertama bisa berjalan dengan Inggris, Finlandia, Prancis, dan Jerman yang menjadi tujuan utama. Setelah berakhirnya tur tersebut, The Gazette menggelar pertunjukan rahasia di Shinjuku Station walau polisi segera membubarkannya karena para penonton memenuhi jalan.

DIM merupakan album mereka selanjutnya yang dirilis pada Juli 2009. Mereka selanjutnya memutuskan untuk berganti label menuju Sony Music Records dan proyek pertama dengan Sony adalah mengisi soundtrack anime KUROSHITSUJI. Dilanjutkan dengan proyek album baru yang diberi nama TOXIC. Lama tak melakukan konser di luar negeri, akhirnya kesempatan itu datang lagi pada Agustus 2013. Mereka tampil di festival rock Russia, Kubana, di mana panggung tersebut diisi juga oleh band internasional seperti Bullet For My Valentine dan System Of A Down. Album BEAUTIFUL DEFORMITY mereka rilis setelah konser tersebut pada tanggal 23 Oktober 2013 dan mereka memutuskan untuk melakukan tur album. Tur yang bertajuk The Gazette Live Tour13 Beautiful Deformity Magnificent Malformed Box ini mereka lakukan tak hanya di Jepang, Argentina, Chile, dan Mexico menjadi tujuan mereka juga.

DISKOGRAFI

ALBUM STUDIO
*2004: DISORDER
*2006: NIL
*2007: STACKED RUBBISH
*2009: DIM
*2011: TOXIC
*2012: DIVISION
*2013: DEFORMITY

MINI ALBUM
*2003: COCKAYNE SOUP
*2003: AKUYUUKAI
*2003: SPERMARGARITA
*2003: HANKOU SEIMEIBUN
*2004: MADARA
*2005: GAMA

ALBUM KOMPILASI
*2006: DAINIHON ITANGEISHATEKI NOUMISO GYAKU KAITEN ZEKKYOU ONGENSHUU
*2011: TRACES BEST OF 2005-2009

Lebih Lengkap