The Lightning Seeds

Terbentuk di Inggris sejak tahun 1989, The Lightning Seeds adalah band yang sering membawakan musik beraliran alternative rock, pop dan britpop. Band yang beranggotakan Ian Broudie, Martyn Campbell, Angie Pollock, Rilley Broudie dan Sean Payne ini pernah sukses di tahun 1990an lewat singlenya Three Lions.

KARIR
The Lightning Seeds berawal dari proyek rekaman solo Ian Broudie pada tahun 1989. Sebelumnya, nama Broudie dikenal sebagai anggota band Care, namun pada tahun 1989, publik mengenalnya sebagai produser dari Echo & The Bunnymen dan The Icicle Works.

Di tahun 1990, Broudie dengan menggunakan nama The Lightning Seeds merilis single Pure yang diambil dari album CLOUDCUCKOOLAND dan berhasil meraih UK Top 20 Charts. Di tahun yang sama, ia juga merilis single Joy dan All I Wantnamun tidak mendapat respon positif dari masyarakat.

Setelah sukses dengan album pertamanya, Broudie melanjutkan karirnya menjadi produser. Namun akhirnya ia kembali menjadi penulis lagu dan pindah dari label Rough Trade ke label Virgin. Saat menjadi produser, ia merekrut Simon Roger sebagai partnernya yang kemudian terlibat dalam proses rekaman The Lightning Seeds.

Tahun 1992, band ini kembali masuk UK single chart lewat lagunya The Life Of Riley yang ditulis Broudie untuk anaknya. Lagu ini terdapat dalam album kedua mereka berjudul SENSE.Versi isntrumen dari lagu ini kemudian digunakan BBC TV dalam acara Goal of The Month.

Selepas tahun 1993, kontrak Bourdie dengan label Virgin berakhir, Ia kemudian brgabung dengan Epic Records dan merilis JOLIFICATION. Dalam album ini ia dibantu dengan banyak musisi antara lain Terry Hall, Paul Hemmings, Chris Sharrock, Martyn Campbell dan Ali Kane. Beberapa hits dari album ini seperti Lucky You, Marvellous dan Perfect.

Tahun 1996, Broudie dan Lightning Seeds mendapat tawaran untuk menulis lagu soundtrack untuk pertandingan Euro. Broudie menerima tawaran tersebut dengan syarat lirik lagunya ditulis oleh Frank Skinner dan David Baddiel. Kolaborasi mereka bertiga menghasilkan lagu Three Lionsyang berhasil menembus UK Singles Chart dan telah populer menjadi chant sepakbola di kawasan Eropa.

Lightning Seeds terus mendulang sukses lewat You Showed Me yang merupakan cover dari lagu milik The Turtles. Lagu ini kemudian menjadi salah satu soundtrack dari film komedi AUSTIN POWERS. Periode 1996 dan 1997 formasi band ini beruah. Keith York dan Mat Priest masuk menggantikan Chris Sharrock, sedangkan di posisi keyboard Ali Kane digantikan oleh Angie Pollock.

Tahun 1998, Broudiekembali menggarap soundtrack untuk gelaran Piala Dunia dengan lagu Three Lions 98. Lagu ini berhasil menjadi nomor satu di UK SIngles Chart dan memecahkan rekor lagu pertama yang menduduki puncak tangga lagu dengan lirik yang berbeda.

Album kelima mereka yang dirilis tahun 1999, TILT, sedikit berubah dari album-album sebelumnya. TILT digarap dengan lebih kental unsur dance yang populer pada masa itu. Lewat single Life's Too Short, Lightning Seedsberhasil menduduki peringkat ke 27 dalam UK SIngles Chart. Tahun 2002, Lightning Seeds mengumunkan bahwa mereka akan istirahat panjang dari dunia musik.

Setekah hiatus, di tahun 2006 mereka kembali dalam album terbaik mereka berjudul THE VERY BEST OF THE LIGHTNING SEEDS. Tahun 2007, mereka merilis album keenam mereka yang berjudul FOUR WINDS.

Di awal tahun 2010 Lightning Seeds mengubah formasi mereka dan mengumumkan rencana tur singkat mereka ke beberapa negara termasuk Indonesia. Formasi terbaru mereka saat ini adalah Ian Broudie (vokal, gitar), Martyn Campbell (bass), Angie Pollack (keyboards), Riley Broudie (guitar), dan Jack Prince(drums).

DISKOGRAFI
CLOUDCUCKOOLAND (1990)
SENSE (1992)
JOLLIFICATION (1994)
DIZZY HEIGHTS (1996)
TILT (1999)
FOUR WINDS (2009)

 

Lebih Lengkap