The Mamas and the Papas

The Mamas & the Papas, sebuah grup vokal Amerika bergenre folk rock yang populer tahun 1960an. Grup yang mempunyai 5 album dan 40 single ini dibentuk oleh Denny Doherty dan John Phillips, dan ditambah istri John, Michelle, serta Cass Elliot, seorang wanita berbadan besar.

Awalnya, grup ini bernama The Magic Cyrcle. Namun karena anggota grup ini tidak menyukai nama itu, maka secara kebetulan, nama The Mamas & the Papas muncul ketika mereka diundang di sebuah talk show. Sejak saat itulah mereka menggunakan nama The Mamas & the Papas sebagai nama barunya.

KARIR
Debut Album The Mamas & the Papas dimulai dengan rilisnya album mereka yang berjudul IF YOU CAN BELIEVE YOUR EYES AND EARS awal tahun 1966. Album tersebut sangat digemari para pecinta musik, dan pernah mencapai urutan tangga lagu teratas di Amerika.

Juni 1966, karena alasan perselingkuhan yang dilakukan oleh Michelle Phillips dan Deherty, maka label rekaman mereka terpaksa memberhentikan Michelle yang berlangsung saat penggarapan album kedua, THE MAMAS & AND THE PAPAS. Michelle kemudian digantikan oleh Jil Gibson. Single pertama album tersebut, berjudul I saw Her Again, berhasil masuk tangga lagu di Amerika dikarenakan issu perselingkuhan yang saat itu gempar diberitakan.

Tahun 1967 mereka merilis album ketiga, DELIVER. Album tersebut juga meraih sukses. Selanjutnya, tahun 1968 album keempat berjudul THE PAPAS & THE MAMAS dirilis. Namun album kelima PEOPLE LIKE US yang rilis tahun 1971 kurang menjumpai kesuksesan, yang menyebabkan bubarnya band The Mamas & the Papas, dan mereka memilih untuk bersolo karir.

DISKOGRAFI
1966 IF YOU CAN BELIEVE YOUR EYES AND EARS
1966 THE MAMAS & THE PAPAS
1967 THE MAMAS AND THE PAPAS DELIVER
1968 THE PAPAS & THE MAMAS
1971 MONTEREY INTERNATIONAL POP FESTIVAL
1971 PEOPLE LIKE US
Lebih Lengkap