The Passenger

Michael David Rosenberg atau pemilik nama panggung Passenger merupakan seorang musisi, penyanyi dan songwriter. Memulai karir di tahun 2003 bersama sebuah band Passenger, Rosenberg memulai solo karir dan menjadi seorang songwriter setelah dia memutuskan untuk keluar dari Passenger di tahun 2009.

 

Lagu-lagunya yang bergenre Folk rock dan Indie Folk membuat banyak disukai oleh para pecinta musik dunia. Rosenberg lahir di Brighton & Hove, East Sussex, Inggris 17 Mei 1984, yang ibunya adalah seorang warga inggris dan ayahnya seorang warga Amerika. Rosenberg telah bermain gitar saat masih kecil, dan diumur sekitar 14-15 telah menulis lagu, dia banyak menghabiskan waktu di dunia musik daripada melibatkan dirinya untuk bersekolah di Brighton. Ketika berumur 16 tahun, Rosenberg meninggalkan sekolah untuk mengejar karirnya didunia industri musik dan beberapa tahun menghabiskan waktunya sebagai pengamen di inggris dan Australia.

 

 

KARIR

Awal karir Rosenberg dimulai ketika Sang Ayah memperkenalkan dia kepada mantan anggota Faithless, Jamie Catto di tahun 2001. Kemudian dia bertemu dengan Andrew Phillips seorang rekan menulis lagunya dan bergabung dengan sebuah label musik IE dan sejak saat itu merka mulai menulis lagu.

 

 

Pada tahun 2003, mereka membentuk Mike Rosenberg Band yang anggotanya adalah, Marcus o'Dair (bass), Alon Cohen (drum) dan Richard Brinklow (keyboard) dengan musik bernuansa Brighton. Tahun 2003, Rosenberg melakukan konser pertama kali ketika dia berumur 16 tahun. Dia mendirikan Passenger pada tahun 2003 di Brighton & Hove yang saat diawal debutnya terdiri dari lima orang.

 

Sebagian besar dari album lagu Passenger ditulis oleh Rosenberg yang kemudian di tahun 2009 band ini bubar. Setelah bubarnya Passenger, dia memutuskan untuk bersolo karir ditahun 2009 di Australia. Album solonya, WIDE EYEN BLIND LOVE telah dirilis tahun 2009. Dia juga bermain dibeberapa acara Inggris, dalam sebuah acara ulang tahun ke 10 Turin brakes di Theatre Royal, Drury Lane di London.

 

Tahun 2010-2011, diikuti albumnya yang berjudul FLIGHT OF THE CROW dan DRIVERS AND SUBMARINE yang hanya terbatas untuk para penggemarnya saja. Di tahun 2011-2013 albumnya yang berjudul ALL THE LITTLE LIGHTS yang bekerja sama dengan Linear Recording di Sidney. Dan ditahun 2014 tepatnya tanggal 9 juni,dia merilis album berjudul WHISPERS

 

Rosenberg mengungkapkan pada Digital Spy tentang album WHISPERS  ini, "ini adalah album yang sangat luar biasa yang pernah dia buat, itu cukup sinematik. Terdapat banyak cerita dan ide-ide yang luar biasa. Ada pula momen suram yang menceritakan tentang kesepian dan kematian, tapi ini tidak akan menjadi album Passsenger tanpa itu semua". dan dia kemudian merilis HEARTS ON FIRE sebagai single pertama dari album pada tanggal 14 april 2014.

 

 

DISKOGRAFI

*Wicked Man's Rest (2007)

*Walk You Home (2007)

*Table For One (2008)

*Let Her Go (2012)

*Holes (2013)

*Scare Away The Dark (2014)

*Heart's On Fire (2014)

*Whispers (2014)

 

 

PENGHARGAAN
*Independent Music Awards 2013: "Let Her Go" Best Folk/Singer-Songwriter Song
*Galgalatz Israeli annual International song chart "Let Her Go" Best song of 2013
*Brit Awards 2014: "Let Her Go" British Single of the Year (Nominated)
*Ivor Novello Awards 2014: "Let Her Go" PRS for Music Most Performed Work

Lebih Lengkap