The Rapture



The Rapture adalah sebuah band beraliran dance-punk yang berlokasi di New York, Amerika Serikat. Bukan hanya dance-punk yang dianut band ini, namun juga post-punk, acid house, disko, elektronika dan rock, yang menjadi pioner kebangkitan kembali genre post-punk.

Band ini digawangi oleh 4 personil, yaitu Gabriel Andruzzi (keyboard, saxofon, bass gitar, perkusi and vokal), Vito Roccoforte (drummer) and Luke Jenner (gitaris/vokalis). Sebelumnya, band ini dibentuk oleh Vito, Luke Jenner, dan seorang mantan anggota The Rapture, yaitu Chris Relyea (keyboardis dan vokal). Brooks Bonstin (bass gitar dan vokal) dan Matt Safer (bass gitar dan vokal) juga pernah bergabung dalam band ini. Band ini memang sangat sering mengganti personilnya, bahkan mereka sempat memiliki lima orang pemain keyboard dan dua bassist dalam jangka waktu 18 bulan.

The Rapture bisa disebut sebagai pioner bangkitnya genre punk, dengan banyak elemen yang mereka gabungkan ke dalam musiknya, seperti elektronik dan dance.

KARIR

Setelah debut mini albumnya yang pertama, The Mirror, band ini pindah ke New York. Dengan kesuksesan tur yang mereka jalani selama dua tahun, band ini merilis EP (extended play) yang berjumlah enam lagu, yaitu Out of the Races and Onto the Tracks.

Album full-lenght pertama mereka, Echoes, dirilis dengan gemilang pada 2003. Pada Januari 2004, The Rapture menjadi pengisi acara utama pada Funeral for a Friend pada NME Award Tour. Pada tahun yang sama, band ini merilis sebuah DVD, Is Live, and Well, in New York City. Sedangkan album kedua mereka dirilis pada September 2006 dengan judul Pieces of the People We Love.

Salah satu lagu mereka No Sex for Ben dijadikan salah satu soundtrack The Music of Grand Theft Auto IV. Selain itu, lagu yang sama juga bertengger pada urutan 26 pada Rolling Stone's list of the 100 Best Songs of 2008.

Beberapa lagu lain milik The Rapture juga menjadi langganan untuk mendukung beberapa film dan acara TV, seperti the Gossip Girl, Echoes untuk film Superbad, dan The Devil untuk episode Rocket Club pada serial TV Aliens in America. Lagu No Sex For Ben sendiri sebenarnya merupakan lagu yang akan dinyanyikan oleh Justin Timberlake, namun ternyata gagal dan dipopulerkan oleh The Rapture.

Selain itu, lagu mereka yang berjudul Whoo! Alright, Yeah Uh Huh juga menjadi lagu resmi Red Bull New York untuk Major League Soccer.

Album ketiga mereka juga akan segera dirilis pada musim panas 2010, dengan Gabriel Andruzzi yang mengisi posisi bassist yang ditinggalkan Matthew Safer pada rekaman studio.

DISKOGRAFI

Album

* Mirror (1999) Gravity
* Echoes (2003) Strummer/Universal (#121 US, #32 UK)
* Pieces of the People We Love (2006) Motown/Universal (#113 US, #40 UK)

Album kompilasi

* Tapes (2008) !K7

Single dan EP

1998: The Chair That Squeaks
1999: Mirror (Mini-LP)
2001: Out of the Races and Onto the Tracks (EP)
2002: House of Jealous Lovers
2003: Killing/ Give Me Every Little Thing
2003: House of Jealous Lovers (rilis ulang)
2004: Love is all
2004: Sister Saviour
2006: Get Myself Into It
2006: Whoo! Alright -- Yeah... Uh Huh
2007: Life from SoHo
2007: The Sound
2008: No Sex for ben
Lebih Lengkap