The Upstairs

The Upstairs yang dibentuk pada 5 Oktober 2001 adalah band beraliran nu wave dari Jakarta. Jimi Multhazam (vokalis) dan Kubil Idris (gitaris) adalah tokoh pengagas berdirinya band ini. Terpengaruh musikal dari band-band beraliran new wave seperti A Flock of Seagulls, Devo, Depeche Mode, hingga Joy Division, mereka akhirnya sepakat untuk mebawakan aliran musik semacam itu.

Beberapa bulan kemudian, bergabunglah drummer band metalcore, Beni Adhiantoro. Kebetulan juga mereka semua adalah mahasiswa Institut Kesenian Jakarta. Ciri musikal mereka yang danceable, lirik-lirik lagu yang jenaka, serta kharisma frontman mereka, Jimi "Danger" Multhazam yang eksentrik dan pandai berkomunikasi di atas panggung.

Setelah melalui serangkaian pergantian personel dalam band, formasi terakhir The Upstairs adalah Jimi Multhazam (vokal), Kubil Idris (gitar), Bani Adriantoro (drum), Alfa Chaniago (bass & keyboard), Alta Emanuella (keyboards & synths), Delvy Maryati (vokal latar 1) dan Futi Rievana (vokal latar 2).

KARIR
Awal 2002 The Upstairs merilis EP bertitel ANTAHBERANTAH dalam format kaset dan CD serta terjual 300 keping dalam waktu singkat. The Upstairs juga mengadakan pertunjukan selepas rilis albumnya di Jakarta, Bandung, dan Jogjakarta.

The Upstairs lalu merilis album pertama mereka yang bertitel MATRAMAN di bawah indie label Sirkus Rekord pada tanggal 14 Februari 2004, yang ditandai dengan gelaran perayaan rilis album di BB s Bar, Menteng, Jakarta.

Dalam event di malam valentine tersebut, mereka menggunakan kibordis, Hendra Petroff dari band psikedelik rock That's Rockefeller. Acara pesta rilis album itu kemudian tercatat sebagai pesta paling ramai yang pernah diselenggarakan di bar sempit namun legendaris tersebut. 100 keping CD MATRAMAN ludes dalam dua jam saja di acara tersebut.

Sebulan kemudian The Upstairs syuting video klip dari singel pertama mereka Apakah Aku Berada Di Mars atau Mereka Mengundang Orang Mars, dengan arahan sutradara berbakat Anggun dan Henry "Batman" dari griya produksi The Jadugar (pemenang Sutradara Terbaik MTV Indonesia Awards 2003).

Tanggal 6 April 2004, The Upstairs diundang oleh radio MTV Sky Jakarta untuk melakukan wawancara sekaligus live broadcasting di program MTV Cutting Edge. Acara ini merupakan penampilan Petroff untuk terakhir kalinya. Tepat seminggu kemudian Petroff meninggal dunia secara mendadak karena serangan jantung.

Wafatnya Petroff sempat membuat The Upstairs kebingungan karena mereka sudah mendandatangani kontrak untuk ikut Weststock Tour 2004, sebuah tur konser keliling kampus di Jabotabek bareng Club Eighties, Seurieus, The Brandals dan The Miskins yang dimulai akhir April hingga Mei 2004.

The Upstairs kemudian menggelar audisi mendadak, dan terpilihlah kemudian seorang perempuan bernama Elta yang dipercaya untuk menjadi kibordis permanen The Upstairs. Penampilan perdananya di putaran pertama tur Weststock yang bertempat di Kampus Universitas Trisakti, Grogol pada 23 April 2004.

Pada awal Mei 2004, singel pertama The Upstairs yang berjudul Apakah Aku Berada Di Mars atau Mereka Mengundang Orang Mars sukses bertengger di chart No.1 MTV Sky JAMU (Jajaran Musik Unggulan) selama dua minggu berturut-turut. Tak hanya di televisi, di charts stasiun-stasiun radio swasta lainnya seperti Prambors, I-Radio, U-FM, MTV Sky Jogja, MTV Sky Semarang, Swaragama hingga Oz FM singel tersebut berhasil masuk ke jajaran sepuluh besar hingga berminggu-minggu lamanya.

Akhir Mei 2004 video klip single pertama tersebut diputar untuk pertama di stasiun televisi MTV Indonesia dan disusul dengan penampilan fenomenal The Upstairs di Jogjakarta pada awal Juni 2004. Kemudian, pada tanggal 1 Agustus 2004 album MATRAMAN dirilis dalam format kaset dengan pendistribusian secara nasional via label RNB.

DISKOGRAFI
EP
ANTAHBERANTAH (DIY / Januari 2002)

Album
MATRAMAN (Sirkus Rekord / Feb 2004)
ENERGY (Warner Music Indonesia / Maret 2006)
MAGNET (2009)
Lebih Lengkap