The Velvet Underground

The Velvet Underground merupakan band rock asal Amerika yang aktif antara tahun 1964-1973. Band ini dibentuk oleh Lou Reed dan John Cale di New York City. The Velvet Underground atau juga dikenal dengan "The Warlocks" atau "The Falling Spikes" beraliran musik rock, art rock, experimental rock, proto-punk, avant-grade, dan drone.

 

 

Walau tidak menuai kesuksesan yang terlalu besar, band ini sering disebut sebagai salah satu kelompok yang paling penting dan berpengaruh di dunia. Dalam sebuah wawancara di tahun 1982, Brian Eno mengulang-ulang
pernyataannya bahwa The Velvet Underground hanya akan menjual 30.000 kopi di awal tahun, "Siapa yang membeli salah satu dari 30.000 kopi itu maka ia akan mempunyai band".

 

KARIR
Konsepan The Velvet Underground baru didapatkan pada akhir tahun 1964. Lou Reed yang seorang penyanyi, penulis lagu, dan gitaris pernah tampil dengan beberapa grup garasi dan bekerja sebagai penulis lagu untuk Pickwick Records.

 

 

Kemudian Reed bertemu dengan John Cale, orang asli Wales yang pindah ke United States untuk menempuh pendidikan musik klasik dengan beasiswa.
Cale yang juga menyukai musik rock pernah bekerja sebagai komposer experimental Cornelius Cardew dan La Monte Young. Cale takjub mengetahui bahwa permainan experimental Reed mirip dengan permainannya. Akhirnya mereka berdua dilatih bersama. Kebersamaan dan ketertarikan mereka terhadap musik membawa ke satu jalan yang menjadi The Velvet Underground.

 

 

Pada tahun 1965, sutradara Barbara Rubin memperkenalkan Andy Warhol ke Velvet Underground oleh yang menjadi manajer band dan menyarankan mereka untuk berkolaborasi dengan penyanyi kelahiran Jerman Nico. Berkat reputasi Warhol, pamor Velvet semakin tinggi dan mereka bisa menandatangani kontrak dengan MGM Verve Records. Setelah itu, pamor The Velvet Underground terus membaik, mereka merilis beberapa album dan selalu masuk tangga lagu Billboard Top 200 chart.

 

 

Namun, kebersamaan mereka tak berlangsung lama. Di tahun 1972 Reed memulai solo begitu juga dengan Nico dengan dibantu Cale. Naasnya, di tahun 1988 Nico meninggal dikarenakan kecelakaan sepeda dan mengalami pendarahan otak.

 

 

Di tahun 1990 Reed dan Cale merilis sebuah lagu berjudul "Drella" yang ditujukan untuk Andy Warhol yang belum lama tiada. Drella adalah panggilan untuk Warhol yang merupakan gabungan dari Dracula dan Cinderella.

 

 

Reed, Tucker, dan Cale kembali berkumpul kembali sebagai The Velvet Underground di tahun 1996. Dalam perayaan reuninya, mereka
menyanyikan lagu "Last Night I Said Goodbye to My Friend" untuk mengenang teman-teman mereka yang telah tiada. Pada tanggal 23 Oktober 2013, Lou Reed meninggal di rumahnya di Southampton, New York, di usia 71 tahun. Pada hari kematian Reed, John Cale mengatakan "Dunia baru saja kehilangan penulis lagu dan lirik terbaik.. Dan aku kehilangan teman masa kecilku"

 

DISKOGRAFI
THE VELVET UNDERGROUND & NICO (1967)
WHITE LIGHT/WHITE HEAT (1968)
THE VELVET UNDERGROUND (1969)
LOADED (1970)
SQUEEZE (1973)

 

PENGHARGAAN
- Empat album The Velvet Underground masuk dalam The 500 Album Greatest of All Time
- Seniman terbesar peringkat ke-19 versi majalah
- Seniman terbesar peringkat ke-24 versi VH1
- Dilantik sebagai The Rock and Roll Hall of Fame (1996)
- Band terbaik nomor 3 di tahun 60an setelah The Beatles dan James Brown and His Famous Flames
- The most prophetic rock album ever made "13TH GREATEST ALBUM OF ALL TIME" oleh Rolling Stone (2003)
- Peringkat 19 dalam 100 Greatest Artist of All Time oleh Rolling Stone (2004)

 

 

 

Lebih Lengkap