Thom Yorke

Thomas Edward Yorke atau yang lebih dikenal dengna nama Thom Yorke lahir di Wellingborough, Northamptonshire, pada tanggal 7 Oktober 1968. Ia dikenal sebagai seorang msusisi, penyanyi, dan penulis lagu asal Inggris yang merupakan vokalis dari grup band Radiohead. Dalam grup bandnya itu, ia juga bermain gitar dan piano, meskipun terkadang ia juga bermain drum dan bass.

Saat kelahirannya, mata kiri Yorke memang sudah tertutup, dan dokter menyatakan bahwa mata tersebuh lumpuh, serta kondisinya adalah permanen. Namun sepertinya, orang tuanya ingin Yorke mempunyai anggota tubuh yang normal. Mereka pun mengusahakan cangkok otot, dan Yorke telah lima kali menjalani operasi mata sebelum usianya mencapai enam tahun. Operasi terakhirnya gagal dan membuat kelopak matanya rusak. Hingga kini, ia harus memakai patch pada matanya.

Yorke mendapat gitar pertamanya pada saat usianya tujuh tahun. Kala itu dia terinspirasi oleh Brian May saat bermain gitar secara live bersama grup band-nya, Queen. Empat tahun kemudian, ia bergabung dalam band pertamanya dan menulis sebuah lagu, juga untuk pertama kali. Yorke menempuh studinya di sebuah sekolah khusus pria, Abingdon, tempat di mana ia akhirnya bertemu dengan personil Radiohead untuk yang pertama kalinya.

Selepas itu, Yorke berhenti sekolah selama setahun dan mengalami kecelakaan mobil. Baru pada tahun berikutnya ia melanjutkan studi di Oxford sebelum akhirnya memutuskan untuk pindah ke University of Exeter pada akhir tahun 1988. Di sana ia bekerja menjadi DJ dan bertemu dengan Rachel Owen yang kemudian menjadi teman kencannya.

Yorke tinggal di Oxford dengan pacarnya, Rachel Owen, yang belajar grafis seni rupa di Exeter, dan belajar melukis di Accademia di Belle Arti, Florence. Rachel meraih gelar PhD dari University of London. pasangan ini dikaruniai dua orang anak, Noah yang lahir pada tahun 2001, dan Agnes yang lahir pada tahun 2004.

KARIR
Bersama Ed O'Brien, Phil Selway, Colin Greenwood dan adik Colin yang paling kecil, Jonny Greenwood, Yorke membentuk sebuah band yang diberi nama On A Friday, yang terinspirasi dari hari di mana mereka boleh latihan hanya dalam sehari itu saja. Sejak awal, Yorke memang sudah mengambil posisi sebagai vokalis dan gitaris, serta sudah punya lagu dan lirik yang tinggal dikembangkan bersama kawan-kawannya tersebut.

On A Friday pun harus mengalami kevakuman saat Yorke berkuliah di University of Exeter. Sementara itu, tetap di dunia musik, Yorke bekerja menjadi seorang DJ di Guild, Lemon Grove, sambil menjalankan kuliahnya di Exeter. Selain itu, ia juga bermain dalam sebuah band, Headless Chicken.

Pada tahun 1991, On A Friday kembali melanjutkan aktifitas mereka setelah masing-masing personilnya menyelesaikan studi. Setelah pindah ke Oxford, mereka kemudian menandatangani kontrak dengan Parlophone dan mengubah nama menjadi Radiohead. Selain bersama Radiohead, Yorke juga bersolo karir.

DISKOGRAFI
Solo

THE ERASER

Radiohead
PABLO HONEY (1993)
THE BENDS (1995)
OK COMPUTER (1997)
KID A (2000)
AMNESIAC (2001)
HAIL TO THE THIEF (2003)
IN RAINBOWS (2007)
THE KING OF LIMBS (2011)
Lebih Lengkap