Tony Jaa

Tony Jaa adalah aktor, koreografer, dan ahli bela diri kelahiran Thailand, 5 Februari 1976. Namanya dikenal dunia internasional setelah kesuksesan trilogi film ONG-BAK dimana ia ikut bermain.

Tony Jaa tumbuh besar di pinggiran kota Bangkok, sekitar 200 kilometer dari ibukota Thailand tersebut. Sejak kecil ia banyak menonton film-film Bruce Lee, Jackie Chan, Vince Lam dan Jet Li yang kemudian menginspirasinya untuk menekuni bela diri. Begitu cintanya dengan bela diri, ia sering mempraktekkan gerakan bela diri ketika sedang melakukan pekerjaan rumah tangga atau sedang bermain dengan temannya. Bahkan ketika berusia 10 tahun, ia berani mengancam ayahnya akan melakukan bunuh diri jika tidak diajarkan Muay Thai.

Di usianya yang ke 15, Tony menawarkan diri menjadi anak didik bela diri dari sutradara film action Panna Rittikrai. Panna kemudian menyarankan Tony untuk bergabung dengan Maha Sarakam College of Physical Education di Provinsi Maha Sarakham. Selama di sana, ia berlatih taekwondo dan Muay Thai dengan serius. Ia juga mempelajari Aikodo dan Brazilian jiu-Jitsu. Selama kuliah, ia adalah salah satu atlet lompat tinggi terbaik di universitas. Hingga sekarang, ia masih mampu melakukan lompatan setinggi dua meter.

KARIR
Tony mengawali karirnya sebagai stuntman dalam film arahan Panna Rittikrai. Ia juga pernah menjadi stuntman untuk Sammo Hung dalam iklan sebuah minuman energi. Bersama Panna, ia mengembangkan Muay Boran, sebuah teknik tradisional dari bela diri Muay Thai. Tony dan Panna bekerja sama dan berlatih selama satu tahun dengan salah satu tujuannya adalah mengembangkan film tentang bela diri tersebut.

Kerja sama ini menggiring mereka untuk membuat film ONG BAK: MUAY THAI WARRIOR di tahun 2003. Tony Jaa kemudian didapuk menjadi peran utama. Ia melakukan sendiri semua adegan berbahaya tanpa bantuan orang lain, alat, dan bahkan efek komputer. Ia ingin mempertontonkan beberapa gerakan arobatik yang ekstrem dan cepat, namun kadang mirip gerakan tarian. Dalam film ini Tony Jaa sempat mengalami cidera ligamen, engkel dan bajunya pun sempat terbakar.

Film kedua yang dibintanginya berjudul TOM-YUM-GOONG yang diambil dari nama makanan khas Thailand dan merupakan salah satu gaya dalam Muay Thai yang menirukan gerakan gajah. Film ini termasuk salah satu film Thailand yang paling sukses di Amerika Serikat. di negeri Paman Sam tersebut, film ini diedarkan dengan judul THE PROTECTOR.

Pada bulan Maret 2006 Tony menggarap sekuel dari film ONG-BAK berjudul ONG-BAK 2. Film ini mulai diproduksi pada tahun 2006 namun baru akan tayang pada tahun 2008. Sukses dengan ONG-BAK 2, Tony kembali mengerjakan ONG-BAK 3 yang dirilis pada tahun 2010.

28 Mei 2010, Tony rehat sebentar dari dunia film dan bela diri dengan menjadi biksu Budha di sebuah candi Budha yang bertempat di Surin, Thailand. Setelah beberapa lama menjadi biksu, Tony menerima tawaran untuk bergabung bersama perusahaan film Thailand bernama Sahamongkol. Ia diplot untuk bermain dalam film TOM-YUM-GOONG 2 dalam waktu dekat bersama bintang lainnya, Jija Yanin. Ini adalah film pertama Tony bermain bersama aktor bela diri bertaraf internasional. Film ini disutradarai oleh Prachya Pikaew dan Panna Rittikrai sebagai koreografer.


FILMOGRAFI
MISSION HUNTER 2 (AKA BATTLE WARRIOR (US))
SPIRITED KILLER
HARD GUN
ONG-BAK: MUAY THAI WARRIOR (2003)
THE BODYGUARD (2004) (AS PANOM YEERUM) (CAMEO)
TOM-YUM-GOONG (AKA HONOR OF THE BEAST OR WARRIOR KING (UK) OR THE PROTECTOR (US)) (2005)
THE BODYGUARD 2 (2007) (CAMEO)
ONG BAK 2 (2008)
ONG BAK 3 (2010)
TOM YUM GOONG 2 THE PROTECTOR 2 (2013)

STUNTS
ONG BAK 2 (2008) (STUNT COORDINATOR)

Lebih Lengkap