KapanLagi.com

Home Entertainment Musik Bola Vemale Merdeka Otosia Travel Game
'Mesin Waktu' di Jakarta
Minggu, 06 Oktober 2013 15:42

'Mesin Waktu' di Jakarta

Jakarta memiliki puluhan museum menarik yang berisi sejarah bangsa Indonesia. Berdiri dengan kokoh di tanah Jakarta, menyimpan ceritanya sendiri-sendiri. Semua bangunan ini bagaikan "mesin waktu" bagi kita untuk mengenal masa lalu. Mereka ulang sejarah dan sebagai bukti serta representasi eksistensi setiap kejadian itu. Kebanyakan museum-museum ini tersebar di kawasan Kota Tua Jakarta, di sekitar Monumen Nasional, dan Taman Mini Indonesia Indah. Sudah mengunjungi semuanya?

Di Jakarta pusat, terdapat 13 museum yang bisa Anda kunjungi. Beberapa di antaranya adalah Museum Joang 45, Museum Katedral, Museum Kebangkitan Nasional, dan Museum Nasional atau Museum Gajah. Salah satu museum unik adalah Museum Katedral atau yang biasa disebut Gereja Katedral Jakarta. Nama resmi dari gereja ini adalah Santa Maria Pelindung Diangkat Ke Surga. Arsitekturnya sangat cantik. Dibangun pada 1901 dengan menggunakan gaya neo-gothic dari Eropa yang sangat lazim digunakan untuk membangun gedung gereja beberapa abad yang lalu.

Museum bahari (c)indonesia.travel


Sedangkan Jakarta Utara memiliki museum Bahari yang bisa Anda kunjungi. Museum ini menyimpan koleksi bahari dan nelayan bangsa Indonesia dari Sabang hingga Merauke. Museum ini berlokasi di seberang pelabuhan Sunda Kelapa. Sebelum difungsikan sebagai museum, awalnya gedung ini adalah gudang penyimpanan VOC. Pada 1976 bangunan ini dipugar dan akhirnya diresmikan menjadi museum pada 7 Juni 1977.

Monumen trisakti (c)wikimu.com


Jakarta Barat memiliki 4 pilihan museum bagi Anda. Anda bisa mengunjungi Museum Budaya Jakarta, Museum Lukisan Universitas Pelita Harapan, Museum Tekstil, dan Museum Tragedi 12 Mei. Museum Tragedi 12 Mei atau Museum Trisakti adalah salah satu Museum berdarah sejarah Indonesia. Menghadirkan kenangan akan keempat mahasiswa Trisakti yang tewas saat demonstrasi menuntut Soeharto pada 1998, di dalam museum ini terdapat barang-barang korban, diorama, dan foto yang menceritakan kronologi peristiwa trisakti mulai dari aksi damai, orasi, pemukulan mundur oleh polisi, hingga penembakan sniper dari Citraland.

11 Museum lainnya bisa dikunjungi di Jakarta Selatan. Seperti Diorama Sejarah Perjalanan Bangsa, Museum Basoeki Abdullah, Museum Layang-Layang Indonesia, dan Museum Reksa Artha. Salah satu museum menarik yang jarang dikunjungi adalah Museum Reksa Artha. Museum ini memiliki koleksi yang berhubungan dengan percetakan rupiah Indonesia. Uang kertas rupiah jaman kemerdekaan hingga orde baru merupakan sebagian dari koleksi yang dipamerkan di sini. Museum ini sering tutup, sehingga pengunjung harus membuat janji terlebih dahulu jika ingin mengunjungi tempat ini.

Masih banyak lagi museum-museum dengan koleksi istimewanya yang dipamerkan dengan apik. Misalnya Museum Wayang di Kawasan Kota Tua, atau Museum Serangga di kawasan TMII. Mengundang Anda memasuki masa lampau dalam keajaibannya. Belajar Sejarah dan kenali Indonesia.
SHARE BERITA INI
© 2014 KAPANLAGI.COM
TopIndex BeritaArsipSaranKirimkan
FacebookTweetSitemap
Download Launcher