U2
Personal
  • Tanggal Lahir

    30 November 1975
  • Kota Lahir

    -
  • Agama

    -
  • Gender

    Grup

U2 adalah kelompok musik asal Irlandia yang dibentuk pada 1976. U2 terdiri dari Paul David Hewson (Bono) pada vokal dan gitar, David Howell Evans (The Edge) di gitar, piano dan bas, Adam Clayton pada bas dan gitar, serta Larry Mullen Jr pada drum.

Grup band ini awal mulanya bertemu lewat audisi dari iklan mading di sebuah sekolah di Irlandia. Saat itu mereka masih menggunakan nama Feedback dan berganti nama menjadi Hype di 1997. Baru setelah ditinggalkan oleh salah satu personilnya, mereka menggunakan nama U2.

Mengutamakan instrumen gitar, saat itu warna musik U2 cenderung post-punk.

Pada 1980, gaung U2 mulai dilirik oleh perusahaan rekaman Island Records dan hasilnya sebuah album perdana berhasil dirilis oleh U2. Namun nama U2 mulai dikenal publik saat merilis album kedua, WAR pada 1983 dengan hit single Sunday, Bloody, Sunday.

U2 mulai mengembangkan sayapnya, tak hanya di Inggris saja, tapi mulai menggempur Amerika. Grup yang sempat dijuluki Band 1980-an oleh majalah The Rolling Stone ini benar-benar berada di puncak saat album THE JOSHUA dirilis pada 1987.

Sampai 30 kemudian, nama besar U2 masih berjaya sebagai salah satu band paling berpengaruh di dunia dan telah mendapat banyak penghargaan, termasuk penghargaan bergengsi Grammy Awards.

Album terbaru U2, NO LINE ON THE HORIZON dirilis pada 27 Februari 2009. Album ke-12 ini sebenarnya telah direkam pada 2006. Namun, saat itu ditangguhkan. Dan pada Juni 2007 mulai direkam kembali dan berhasil dirilis pada 2009, termasuk single Get On Your Boots and Magnificent di dalam album ini.

Sayangnya, sebelum dilempar ke pasaran, album terbaru U2 telah beredar di internet. Namun hal ini hanya berlangsung selama 2 jam, karena kemudian link download gratis tersebut dihapus.

Demi mendongkrak penjualan album terbarunya, U2 memberikan penampilan yang berbeda. U2 menggelar konser di atap gedung BBC.

Profil Selebriti Berdasarkan Abjad