Upen Patel

Upen Patela adalah aktor Bollywood kelahiran London, 16 Agustus 1981. Selain dikenal sebagai aktor film, ia juga dikenal sebagai model. Nama Upen terpilih sebagai salah satu dari 10 model Asia paling seksi menurut majalah Eastern Eye pada tahun 2008 hingga 2011.

 


KARIR
Karir Upen berawal dari ajang pemilihan supermodel Zee TV pada tahun 2002. Setelah itu ia dikontrak untuk menjadi model beberapa merek ternama seperti Hugo Boss, Paul Smith dan Zegna. Berkat penampilannya yang chic, ia dianugerahi MTV India Most Stylish Male Award selama dua tahun berturut-turut dan meraih F Awards sebagai supermodel India. Berkat kemenangannya, Upen kemudian diendorse oleh merek internasional seperti Tuscan Verve, Tommy Hilfiger, Provogue dan D'damas Desire. Ia juga bekerja sama dengan desainer ternama seperti Wendell Rodrick dan Vikhram Phadnis.

 


Populer sebagai foto model dan bintang catwalk, Upen juga membintangi beberapa video klip di India. Salah satunya dalam lagu remix dari lagu Bollywood klasik berjudul Kya Khoob Lagti Ho bersama Udita Goswami.

 

Lama berkarir sebagai model, pada tahun 2006 Upen mencoba peruntungannya dalam film layar lebar. Film yang menjadi debut pertamanya adalah film 36 CHINA TOWN yang berhasil meraih sukses di box office. Berkat film ini, Upen berhasil menyabet beberapa penghargaan dari IIFA Award.

 


Tahun 2007 Upen kembali mencetak sukses lewat film keduanya yang berjudul NAMASTEY LONDON. Di tahun yang sama, filmnya SHAKALAKA BOOM BOOM beredar di pasaran namun tidak sesukses dua film sebelumnya. Meskipun begitu, nama Upen semakin dikenal dan semakin mencuri hati masyarakat Bollywood.

 


Ketagihan bermain film, tahun 2008 ia kembali membintangi film garapan Ashwani Dheer berjudul ONE TWO THREE. Meskipun hanya peran figuran, namun Upen tetap berhasil memukau penonton dalam setiap kemunculannya. Ia kemudian bermain dalam film MONEY HAI TOH HONEY namun sayangnya penjualan film ini tidak terlalu baik. Upen kemudian kembali bermain sebagai cameo dalam film AJAB PREM KI GHAZAB KAHANI.

 

Tahun 2010 Upen memutuskan vakum sementara dari dunia hiburan untuk menimba ilmu pembuatan film di Inggris. Ia kemudian meraih gelar diploma untuk penulisan naskah dari Raindance, Inggris. Di tahun yang sama, ia menyelesaikan summer camp untuk akting di Lee Stasberg Actors Studio, LA. 

 


Tahun 2012 ia kembali ke dunia hiburan dengan membintangi film RUN BHOLA RUN.


FILMOGRAFI
2006 36 CHINA TOWN ROCKY
2007 NAMASTEY LONDON
2007 SHAKALAKA BOOM
2008 ONE TWO THREE
2008 MONEY HAI TOH HONEY
2009 AJAB PREM KI GHAZAB KAHANI
2012 RUN BHOLA RUN

Lebih Lengkap