Vegan

Berawal dari persahabatan empat orang pria muda yang menempuh pendidikan di Institut Kesenian Jakarta, Vegan terbentuk pada tanggal 7 Juli 2008. Dengan harapan bahwa orang-orang akan menyukai musik mereka seperti menyukai buah dan sayuran segar, dipilihlah nama Vegan.

Empat pria muda yang tegabung dalam grup ini adalah Firly (gitar, vokal), Rheza (bass, vokal), Jagad (drum), Rama (game boy/chiptune, programmer). Dengan segar, mereka mengusung genre musik yang disebut powerpop 8-bit.

KARIR
Awalnya, Vegan berkutat pada musik-musik pop punk ala Blink 182 dan Green Day, namun seiring berjalannya waktu, akhirnya Vegan mencoba memperkenalkan sebuah genre yang masih terbilang baru di belantika musik Indonesia.

Dengan nuansa powerpop yang tercipta dari influence musik All American Rejects dan Paramore, yang digabungkan dengan musik chiptune, terciptalah sebuah genre baru dari Vegan yang disebut powerpop 8-bit.

Untuk awal, Vegan ingin menampilkan sesuatu yang unik, yang berbeda dengan yang lain. Musik mereka dibumbui bunyi alat mainan gameboy, sebagai ciri musik Vegan, yang menghasilkan suara-suara 8-bit ala mainan

Awalnya mereka membaca suatu majalah yang membahas tentang musik 8-bit, dari situlah ide untuk menambahkan bebunyian ala gameboy di dalam musik Vegan muncul. Dan salah satu inspirasi mereka didapat dari band asal Jepang, YMCK.

Vegan merilis album terbaru pada akhir 2011. Dengan mengandalkan lagu Hey Monster, mereka berharap musiknya bisa diterima oleh masyarakat musik Indonesia.
Lebih Lengkap