Venus Raj
Personal
  • Tanggal Lahir

    07 Juli 1988
  • Kota Lahir

    Doha, Qatar
  • Agama

    Katolik
  • Gender

    Perempuan


Venus Raj, yang bernama lengkap Maria Venus Bayonito Raj adalah perwakilan Filipina di ajang Miss Universe 2010 sebagai Miss Filipina. Venus lahir di Doha, Qatar pada 7 Juli 1988. Setelah lahir, Venus dibawa oleh ibunya ke Bato, Camarines Sur di Bicol Religon, Filipina dan didaftarkan sebagai keturunan Filipina dari orang tua beragama Katolik Roma.

Venus besar bersama ibunya, seorang petani dan penjahit. Dia hidup di sebuah gubuk yang terbuat dari kayu, bambu dan daun, tanpa listrik di tengah-tengah sawah di sebuah desa di Bato selama lebih dari 20 tahun.

Sejak usia 17 tahun, Venus sudah mulai mengikuti banyak kontes kecantikan lokal, juga menjadi peserta kontes orasi di San Vicente High School. Dengan banyak kemenangan yang diraihnya, Venus bisa membelikan ibunya sebuah rumah yang mengangkat hidup mereka.

Venus belajar di Bicol University jurusan Journalism, yang memberinya gelar Sarjana Seni Komunikasi yang diraihnya dengan predikat Cum Laude. Studi ini juga diperolehnya dari beasiswa daro Francis Papica Foundation.

KARIR
AwalnyaVenus bekerja sebagai Information Assistant di Departemen Lingkungan dan Sumber Daya Alam di Region V di Filipina. Dia juga adalah seorang model paruh waktu.

Kemenangannya di ajang kontes kecantikan dimulai ketika dirinya dianugerahi gelar Miss Bicolandia 2007 membawa kesempatan bagi Venus untuk berkompetisi di ajang Miss Philippines-Earth 2008. Dalam ajang ini, Venus mendapat gelar Miss Philippines Earth Eco Tourism 2008 dan adalah runner up keempat dari sang Miss Earth 2008, Karla Henry.

Setelah mengikuti Miss Philippines-Earth 2008, Venus bekerja sebagai Information Assistant di Departemen Lingkungan dan Sumber Daya Alam di Region V di Filipina pada 2008. Pada 2009, Venus mengikuti ajang Binibining Pilipinasa yang menjadikannya pemenang dan harus menjadi perwakilan Filipina di ajang Miss Universe 2010.

Namun langkahnya sempat terhambat karena ketidaksamaan data antara akte kelahiran dan data pribadi kelahirannya. Dia sempat akan digantikan runner upnya untuk ajang Miss Universe, yang menuai banyak protes. Akhirnya, Raj diperbolehkan mengikuti ajang Miss Universe dengan syarat dirinya harus membuat paspor sebagai bukti kewarganegaraannya.

Pada Miss Universe, Raj sering terlihat bersama delegasi dari Australia, Colombia, Haiti, Mexico, dan Puerto Rico untuk kebutuhan media tur.

Raj sendiri menerima rating tertinggi di sejarah delegasi Filipina yang pernah ikut Miss Universe, sebesar 3,45 poin. Ketika mengikuti Miss Universe, Raj sempat tertekan dengan kematian Miss International Filipina 2009, Melody Gersbach dalam sebuah kecelakaan mobil.

Raj menjadi runner up keempat setelah Jimena Navarette, sang Miss Universe 2010, dan menjadi perwakilan Filipina pertama yang masuk ke semifinal setelah 11 tahun.

Selain berpartisipasi aktif dalam kontes kecantikan, Raj juga sempat menjajal dunia film. Dia sempat muncul dalam beberapa judul film dan reality show.

FILMOGRAFI
2011 MUTYA
2011 HAPPY YIPEE YEHEY
2011-Sekarang ASAP ROCKS!
2011-Sekarang UMAGANG KAY GANDA
2010 SHOWTIME
2010 ABS-CBN CHRISTMAS SPECIAL 2010
2010 SHOW ME DA MANNY
2010 UNANG HIRIT
2010 HOLE IN THE WALL
2010 PAPARAZI
2010 JUICY
2010 P.O.5
2010 E-LIVE
2010 SNN
2010 THE BUZZ
2010 INSIDE THE CINEMA

Profil Selebriti Berdasarkan Abjad