Victoria Principal

Victoria Principal lahir di Jepang, 3 Januari 1950. Namanya dikenal sebagai aktris, penulis dan pengusaha. Salah satu perannya yang terkenal adalah ketika memerankan Pamela Barnes Ewing dalam serial telvisi DALLAS pada tahun 1978 hingga 1987.

 


Ayah Principal adalah seorang awak US Air Force. Bersama ibunya, Bertha Ree Veal yang merupakan keturunan Georgia - Inggris, Principal harus berpindah-pindah mengikuti pekerjaan ayahnya. Ia pernah tinggal di beberapa kota seperti London, Puerto Rico, Florida, Massachussets, dan Georgia.

 


Tahun 1978 Principal bertemu dengan Christopher Skinner ketika bermain dalam serial DALLAS. Tak lama kemudian keduanya menikah selama dua tahun lalu bercerai. Ia kemudian berpacaran dengan Andy Gibb setelah bertemu dalam acara THE JOHN DAVIDSON SHOW pada tahun 1981. Kebersamaaan keduanya juga tidak berlangsung lama, pada bulan Maret Gibb dan Principal berpisah akibat ketergantungan Gibb dengan obat-obatan. 

 


Juni 1985 Principal menikah dengan Harry Glassman hingga Desember 2006. Setelah bercerai dari Glassman, Principal pindah ke Malibu, Califronia.

 

Tahun 2006 Principal membentuk organisasi yang bergerak di bidang lingkungan.  

 


KARIR
Principal pertama kali muncul di layar televisi ketika berusia lima tahun dalam sebuah iklan televisi. Tahun 1970, ia pindah ke Hollywood untuk mengejar karir di bidang akting. Saat itu ia tak punya biaya untuk hidup di Hollywood. Untuk menyambung hidup, ia bekerja sebagai pengajar game Backgammon yang banyak dimainkan di Hollywood.

 

Tahun 1972, Principal mendapat peran pertamanya dalam film THE LIFE AND TIMES OF JUDGE ROY BEAN. Lewat film pertamanya ini ia mendapat nominasi Golden Globe Award dalam kategori Most Promising Newcomer. Tahun 1973, Principal bermain dalam film THE NAKED APE bersama Johnny Crawford namun sayangnya film ini gagal di pasaran.

 


Tahun berikutnya, Principal bermain dalam film EARTHQUAKE. Dalam film ini ia harus mengubah gaya rambutnya menjadi ala afro dan mengecat warna rambutnya menjadi hitam. Aktingnya dalam EARTHQUAKE ternyata mencuri perhatian sebuah rumah produksi Brute Productions. Principal kemudian bermain dalam film I WILL, I WILL... FOR NOW, VIGILANTE FORCE dan FANTASY ISLAND.

 


Tahun 1978 ia bermain dalam serial DALLAS yang kemudian mengorbitkan namanya. Berkat serial tersebut, ia mendapat nominasi sebagai Aktris Terbaik dalam Nominasi Golden Globe Awards. Perannya dalam DALLAS berakhir pada tahun 1987. Principal kemudian bermain dalam film televisi seperti MISTRESS, BLIND, WITNESS, NAKED LIE, DON'T TOUCH MY DAUGHTER. Tahun 1994 ia bermain dalam sitkom HOME IMPROVEMENT. 6 tahun kemudian ia kembali bermain dalam serial televisi TITANS.

FILMOGRAFI

Lebih Lengkap