Jadi Musisi, Personel Wayang Curhat Kesusahan Saat Mengajukan KPR

Sanjaya Ferryanto | 18 November 2017

Kapanlagi.com - Menjadi musisi tak selamanya mudah dan menyenangkan. Para personel Wayang membeberkan beberapa kesusahan yang mereka temui selama menjadi musisi sampai saat ini.

"BPJS, hahaha. Kalau untuk KPR kemungkinan iya, karena bank nggak mau tahu. Kalau misal pekerja seni kan nggak stabil pendapatannya segala macem. Kalau ada duit cash baru diterima," ucap sang vokalis Ramdan Wahyudi.

"Yang jelas, ngumpulin duit sebanyak-banyaknya, beli lah tuh rumah, cash, bukan KPR. Nggak akan mungkin lah, nggak akan bisa," tambahnya.

Wayang © Kapanlagi/Bayu HerdiantoWayang © Kapanlagi/Bayu Herdianto

Ahmad Fauzi, sang basis mengatakan jika mereka dari dulu memang sudah diingatkan seputar profesinya sebagai musisi. Dirinya mengatakan jika harus memanajemen semuanya secara pribadi.

"Awal-awal kita kan sering diingatkan jika ini adalah profesi yang nggak ada pensiunnya. Jadi kita manajemen pribadi, gimana caranya kita memanajemen keuangan sendiri, "ucapnya.

Penggemar musik tahun 90-an sudah pasti tak asing dengan Wayang. Mereka memang sempat sangat dikenal di Indonesia, album pertama sampai kelima merupakan rilisan Wayang yang paling laris. Ramdan mengatakan jika penjualan album keempat yang terbaik, karena melebihi 500 ribu kopi kala itu.

(kpl/frs)

Editor:   Sanjaya Ferryanto