Walt Disney

Walter Elias Disney lahir 5 Desember 1901 di Chicago. Ia adalah seorang pendiri Walt Disney Productions. Dia adalah seorang produser, sutradara, penulis naskah, pengisi suara, animator, entertainer dan seorang public figure paling berpengaruh abad 20.

Walt Disney terkenal sebagai produser film dan aktor populer. Ia adalah seorang inovator dalam dunia animasi. Termasuk menciptakan karakter fiksi, Mickey Mouse yang sangat mendunia hingga sekarang itu. Total 59 nominasi penghargaan telah ia dapatkan, membuktikan bahwa ia adalah orang paling berpengaruh di abad ke-20 ini.

Termasuk juga memberikan nama sebuah taman dan resort internasional di AS dan Tokyo yang kita kenal sampai sekarang yaitu, Disneyland dan Walt Disney World Resort.

Disney meninggal pada 15 Desember 1966, karena kanker paru-paru di Burbank, California.

KARIR
Ia memulai karir sebagai seorang designer freelance untuk surat kabar, majalah dan bioskop. Sampai waktu mempertemukan dia dengan seorang kartunis, Ubbe Iwerks dimana ia memulai debut pertama perusahaan komersial mereka bersama-sama. Tapi, usaha itu tak bertahan lama.

Lalu, ia bekerja sementara di sebuah perusahaan Iklan di Kansas. Dan setelah mendapatkan pengalaman yang cukup ia mendirikan lagi perusahaan animasi dengan merekrut teman-temannya semasa ia bekerja di perusahaan Iklan tersebut. Di sinilah ia mulai populer sampai akhirnya ia memperoleh studio sendiri dan dinamakan Laugh-O-Gram. Tapi, karena pengelolaan uang yang buruk, perusahaan ini pun tak lama lagi bubar.

Disney pun memutuskan untuk mendirikan lagi studio di ibukota industri film, Hollywood, California. Di sinilah karirnya dalam perindustrian film internasional kian cemerlang sampai sekarang.
Lebih Lengkap