Wyclef Jean


Nel Ust Wyclef Jean atau yang dikenal publik sebagai Wycleaf Jean adalah seoramng musisi, produser rekaman, dan politisi Amerika berdarah Haiti yang lahir pada 17 Oktober 1972 di Haiti. Jean adalah seorang putra dari seorang pastur Nazarene, dan pindah ke Amerika Serikat, tepatnya Brooklyn, New York ketika berusia sembilan tahun sebelum pindah lagi ke utara New Jersey.

Jean pernah bersekolah di Eastern Nazarene College namun berhenti di tengah jalan. Jean sendiri sudah mengumumkan bahwa dirinya berencana malanjutkan sekolah di Berklee College of Music di Boston. PengarUh terbesarnya dalam bermusik adalah reggae dan Bigga Haitian.

Pada 1994, Jean menikah dengan seorang designer bernama Marie Claudinette dan mengadopsi seorang putri yang diberi nama Angelina Claudinelle Jean. Mereka memperbaharui janji nikah pada Agustus 2009.

KARIR

Karirnmya dimulai dengan menjadi anggota band The Refugee Camp (atau yang lebih dikenal sebagai The Fugees) dengan sesama imigran. Album debut band ini adalah Blunted on Reality, dilanjutkan dengan album kedua yang berjudul The Score.

Pada 1997, Wycleaf memulai bersolo karir dengan Wyclef Jean Presents the Carnival Featuring the Refugee All-Stars (yang
dikenal sebagai The Carnival) yang masih mengangkat isu-isu imigran, dengan lagu-lagu seperti We Trying to Stay Alive (adaptasi dari lagu Stayin' Alive milik The Bee Gees)dan Gone Till November.

Karir solonya diwarnai dengan banyak fenomena, selain album kedua yang dibuatnya seperti The Ecleftic: 2 Sides II a Book (2000), album ketiga, Masquerade, dan album-album selanjutnya. Dia sempat bergabung pada konser America: A Tribute to Heroes dengan lagu Bob Marley, Redemption Song untuk peristiwa 11 September 2001.

Jean juga menulis lagu untuk soundtrack film dokumenter THE AGRONOMIST, GHOST OF CITE SOLEIL

POLITIK

Pada 2005, Jean mendirikan Yele Haiti Foundation yang menyediakan beasiswa untuk 3.600 anak di Haiti setelah Badai Jeanne yang menimpa mereka. Pada tahun kedua, semakin banyak bantuan yang disalurkan ke Haiti untuk biaya pendidikan di lima wilayah.

Foundation ini sempat mengalami kecurigaan dari aparat pajak, karena ada dana-dana yang diduga masuk ke dalam rekening Jean. Namun hal ini disangkal oleh presiden Yele Haiti, yang menyatakan bahwa semua dana digunakan untuk kepentingan Haiti.

Jean sangat aktif dalam mendukung negara asalnya ini, dengan memperhatikan masalah sosial dan memberikan panduan untuk warga Haiti untuk membangun kembali negaranya.

Pada tahun 2010, tepatnya 5 Agustus 2010, Jean menandatangani formulir yang mengesahkan dirinya sebagai calon presiden Haiti. Alasan yang dikemukakan Jean untuk pencalonan dirinya ini adalah panggilan untuk melayani negaranya.

DISKOGRAFI

* 1997: The Carnival (Columbia)
* 2000: The Ecleftic: 2 Sides II a Book (Columbia)
* 2002: Masquerade (Columbia)
* 2003: Greatest Hits (Columbia)
* 2003: The Preacher's Son (J)
* 2004: Welcome to Haiti: Creole 101 (Koch)
* 2007: Carnival Vol. II: Memoirs of an Immigrant (Columbia)
* 2009: From the Hut, To the Projects, To the Mansion (Columbia)
* 2010: Wyclef Jean (Columbia)
Lebih Lengkap