Yana Zein

Yana Zein merupakan seorang aktris kelahiran 27 Agustus 1972. Yana Zein mengawali debutnya di dunia entertainment Indonesia pada tahun 1987. Aktris yang memiliki nama lengkap Suryana Nurzaman Zein ini berperan pertama kali di film layar lebar CINTA DI RUMAH SUSUN. Setelah itu, aktris yang kini menderita kanker payudara ini menikah dengan Fahmi Darmawansyah pada tahun 1993.

Dari pernikahannya bersama Fahmi Darmawansyah, Yana Zein dikaruniai dua orang anak perempuan, yakni Aurelia Callista dan Alika Pandora Salvine. Namun pernikahan keduanya tak bertahan lama. Yana Zein bercerai dari Fahmi namun tidak diketahui kapan. Lalu Fahmi menikah dengan Inneke Koesherawati pada tahun 2004.

Yana Zein juga sempat menikah lagi dengan seseorang yang tidak diketahui publik. Naas, suami Yana Zein menderita Parkinson selama lima tahun terakhir. Oleh sebab itu, aktris yang menjadi sahabat dekat Adam Jordan ini menjadi tulang punggung keluarga.

Sayang kanker payudara menggerogoti kesehatannya dan saat ini aktris kelahiran Moskow, Rusia tersebut terbaring lemah di rumah sakit. Sempat sukses membintangi beberapa judul sinetron, hasil jerih payahnya habis untuk biaya perawatan kanker yang dideritanya. Karena sakit yang dideritanya dan suami, sekolah anak-anak Yana Zein terpaksa terbengkalai.

KARIR

Setelah debut pada tahun 1987 melalui film layar lebar CINTA DI RUMAH SUSUN, Yana Zein sempat vakum karena menikah. Beberapa tahun berselang, Yana Zein kembali terjun ke dunia akting pada tahun 1999 hingga saat ini. Yana kembali ke dunia akting dengan membintangi sinetron DI ANTARA DUA PILIHAN.

Sinetron terakhir yang dibintanginya sebelum dirawat di rumah sakit adalah CINTA DI LANGIT TAJ MAHAL pada tahun 2015 lalu. Total terdapat tiga judul film yang dibintangi oleh aktris cantik ini, salah satunya adalah film horor SUSUK POCONG yang dirilis pada tahun 2009 silam.

Yana zein juga sempat berperan dalam sinetron terpanjang Indonesia pertama yakni TERSANJUNG bersama dengan Jihan Fahira, Ari Wibowo, dan Lely Sagita. Dalam sinetron tersebut, Yana berperan sebagai Anita (Tante Amerika) karena penampilannya yang agak blasteran. Berkat peran antagonis sebagai Anita pula Yana Zein menjadi dikenal oleh banyak orang.

Tak hanya aktif di dunia seni peran, berkat paras ayu yang dimilikinya Yana Zein juga membintangi sejumlah iklan dan populer sebagai model cover majalah terkenal.

FILMOGRAFI

CINTAKU DI RUMAH SUSUN (1987)
KUTUNGGU JANDAMU (2008)
SUSUK POCONG (2009)
DI ANTARA DUA PILIHAN (1999)
APA KATANYA CINTA (2001)
TERSANJUNG (2001-2003)
DOA DAN ANUGERAH (2002-2003)
HIV + (2003)
ADA JALAN KE ROMA (2004)
HIDAYAH (2006)
ANAK MEMBAWA BERKAH (2009)
CINTA DI LANGIT TAJ MAHAL (2015)

 

 

 

 

 

Lebih Lengkap