Yann Tiersen

Yann Pierre Tiersen, atau yang lebih dikenal dengan nama Yann Tiersen adalah seorang musisi asal Prancis. Pria kelahiran Brest, Brittany, Prancis 23 Juni 1970 ini mulai belajar bermain piano sejak berusia 4 tahun. Mulai umur 6 ia belajar bermain biola dan banyak mengikuti pelatihan musik klasik termasuk di Rennes, Nantes dan Boulogne.

 

Tahun 1983, ia mulai membeli gitar elektrik pertamanya dan membentuk sebuah band rock. Tiersenn memilih untuk tinggal di Rennes karena di sini ia bisa melihat penampilan band-band kelas dunia seperti Nirvana, The Cramps, Television dan Suicide. Beberapa tahun kemudian bandnya retak dan Tiersen mulai merekam musik solo dengan syntesizer, sampler dan drum.

 

Tiersen menikah dengan artis asal Belgia, Natacha Regnier.

KARIR

 

Salah satu karya Tiersen yang paling dikenal adalah soundtrack film AMELIE yang dirilis pada tahun 2001. Sebelumnya, karyanya sudah banyak digunakan untuk musik pengiring dalam sejumlah drama dan film pendek. Pertengahan 1995, ia merilis album pertamanya yang berjudul LA VALSE DES MONSTRES. Album ini dirilis secara eksklusif hanya 1000 keping saja.

 

Tahun 1996 Tiersen merilis album RUES DES CASCADES yang berisi kreasi Tiersen dalam memainkan toy piano, harpischord, biola, akordion dan mandolin. Salah satu lagu dalam album ini yang berjudul Rue des cascades dinyanyikan oleh solois Prancis, Claire Pichet, berhasil mendapatkan anugerah Palme d'Or.

 

Di tahun 1998 Tiersen merilis album ketiganya berjudul LE PHARE. Tiga lagu di album ini yaitu La Dispute, La Noyee dan Sur Le Fil kemudian menjadi soundtrack film AMELIE. Di tahun ini juga, sebuah label rekaman Prancis, Lci d'Ailleurs merilis kembali album pertamanya, LA VALSE DES MONSTRES.

 

DISKOGRAFI
STUDIO ALBUM:
LA VALSE DES MONSTRES (1995)
RUES DES CASCADES (1996)
LE PHARE (1998)
L'ABSENTE (2001)
LES RETROUVAILLES (2005)
DUST LANE (2010)
SKYLINE (2011)

SOUNDTRACK:
AMELIE (2001)
GOOD BYE LENIN! (2003)
TABARLY (2008)

Lebih Lengkap