Yash Chopra
Personal
  • Tanggal Lahir

    27 September 1932
  • Kota Lahir

    India
  • Agama

    Hindu
  • Gender

    Laki-Laki

Yash Chopra, lahir di India, 27 September 1932. Ia adalah seorang pembuat film, penulis skenario dan produser paling sukses di Bollywood. WAQT, DEEWAR, LAMHE, DARR, DIL TO PAGAL HAI dan VEER ZAARA adalah beberapa film Yash Chopra yang sangat sukses. Dia adalah pendiri Yash Raj Films yang kini jadi rumah produksi terbesar di India.

Yash lahir di desa Nawanshahar dari keluarga Hindu. Dia adalah bungsu dari delapan bersaudara.

Awalnya, ia bekerja sebagai asisten IS Johar dan kemudian bekerja untuk sutradara BR Chopra. Kemudian Baldev Raj memberinya kesempatan untuk menyutradari film perdananya, DHOOL KA PHOOL.

Setelah sukses dengan film perdananya, Yash Chopra memberanikan diri mendirikan rumah produksi miliknya sendiri dengan nama Yash Raj Films. DAG (1973) adalah film perdana yang diproduksi oleh Yash Raj Films.

Hubungan baiknya dengan Amitabh Bachchan membuatnya jadi salah satu sutradara terbaik di India. Berkerjasama dalam puluhan film yang super sukses, hubungan mereka terjalin hingga puluhan tahun.

Yash menikahi seorang perempuan bernama Pamela, dan dari pernikahannya ini ia memiliki dua orang anak, Aditya Chopra dan Uday Chopra. Aditya kini berprofesi sebagai sutradara dan produser, ia juga merupakan suami dari Rani Mukherjee. Sementara Uday memilih untuk jadi aktor, dan film perdana yang ia bintangi adalah MOHABBATEIN yang disutradarai oleh kakaknya sendiri.

Yash meninggal pada 21 Oktober 2012 karena terserang Demam Berdarah. Kepergiannya meninggalkan duka yang mendalam bagi dunia perfilman India.

Profil Selebriti Berdasarkan Abjad