Yusuf Islam

Cat Stevens atau Yusuf Islam terlahir dengan nama Steven Demetre Georgiou pada 21 Juli 1948 di London, Inggris. Yusuf mengenal musik dalam usia yang relatif muda. Saat berusia 12 tahun, Yusuf yang sudah bisa memainkan piano mulai belajar memainkan gitar dan menulis lagu.

Stevens menjadi seorang mualaf dan memeluk agama Islam pada tahun 1978 setelah mengalami near-death experience. Ia mengambil nama Yusuf Islam dan menjadi seorang pendakwah vokal agamanya yang baru. Satu dasawarsa kemudian ada kontroversi ketika ia melontarkan pernyataan mendukung fatwa yang dikeluarkan menentang penulis Salman Rushdie, dan pada tahun 2004 namanya kembali dibicarakan lagi setelah ia ditolak masuk Amerika Serikat karena nama ditemukan pada sebuah daftar tidak boleh terbang (no-fly list). Ternyata terjadi kekeliruan dan yang dicari adalah orang lain bernama Youssouf Islam.

Yusuf Islam sekarang tinggal di London bersama istri dan lima anaknya di mana ia seorang anggota jamaah yang aktif. Ia mendirikan yayasan kemanusiaan Small Kindness yang mulanya menolong korban kelaparan di Afrika dan sekarang membantu ribuan anak yatim dan keluarga di Balkan, Indonesia, dan Irak. Islam juga mendirikan yayasan kemanusiaan Muslim Aid tetapi meninggalkannya sebagai Ketua pendiri pada 1999.

KARIR
Yusuf memulai karirnya di dunia musik dengan bermain lagu-lagu folk di cafe dan pub setempat. Tahun 1966 saat Yusuf berusia 18 tahun, Mike Hurst, seorang produser lalu menawarinya untuk merekam sebuah album. Album pertama Yusuf yang berjudul MATTHEW AND SON dilepas tahun 1967 dan berhasil masuk 10 besar album di Inggris. Dalam waktu singkat, popularitas Cat Stevens melambung naik. Dalam usianya yang baru 18 tahun, Cat Stevens sudah main sepanggung dengan musisi kelas atas seperti Jimi Hendrix dan Engelbert Humperdinck.

Cat Stevens merilis 12 album yang cukup sukses di pasaran sampai akhirnya sebuah kecelakaan membuat ia lebih memfokuskan diri pada kehidupan religiusnya. Keputusan Cat Stevens untuk memeluk Islam akhirnya mengakhiri karir bermusik Cat Stevens yang sedang berada di puncak saat itu.

Cat Stevens yang kemudian berganti nama menjadi Yusuf Islam lalu lebih aktif dalam kegiatan agama dan sosial. Baru sekitar tahun 1995 Yusuf Islam terjun kembali ke dunia musik namun lebih pada musik-musik yang berbau rohani. Sebagai Yusuf Islam ia sempat merilis 9 album rohani.

Di samping banyak meraih penghargaan dalam bidang kemanusiaan, Cat Stevens pun banyak mendapat penghargaan dari dunia musik sebagai penulis lagu.

DISKOGRAFI
Sebagai Cat Stevens
* MATTHEW AND SON (1966)
* NEW MASTERS (1967)
* MONA BONE JAKON (1970)
* TEA FOR THE TILLERMAN (1970)
* TEASER AND THE FIRECAT (1971)
* CATCH BULL AT FOUR (1972)
* FOREIGNER (1973)
* BUDDHA AND THE CHOCOLATE BOX (1974)
* SATURNIGHT (LIVE IN TOKYO) (1974)
* NUMBERS (1975)
* IZITSO (1977)
* BACK TO EARTH (1978)
* MAJIKAT (2005)


Sebagai Yusuf Islam
* THE LIFE OF THE LAST PROPHET (1995)
* I HAVE NO CANNONS THAT ROAR (1998)
* PRAYERS OF THE LAST PROPHET (1999)
* A IS FOR ALLAH (2000)
* I LOOK I SEE (2003)
* AN OTHER CUP (2006)
Lebih Lengkap