Zahra Amir Ebrahimi
Zahra Amir Ebrahimi adalah seorang fotografer profesional, aktris televisi dan sutradara film pendek berkebangsaan Iran. Dia sempat mengenyam pendidikan teater di Teheran, dan memulai kehidupan profesionalnya dengan membuat film pendek. Film pertamanya dibuat ketika usianya barus delapan belas tahun. Awal kepopulerannya dimulai tak lama setelah dia bekerja di televisi Iran. Dia dikenal karena perannya sebagai wanita muda yang shalihah dalam sebuah opera sabun NARGES. Karir Zahra di bidang fotografi difokuskan pada topik dan isu-isu sosial.

Pada tahun 2006, Ebrahimi menjadi pusat perhatian akibat terjerat skandal sex ketika beredar sebuah video seorang wanita, yang diduga Ebrahimi, direkam sedang berhubungan seks dengan seorang pria. Video ini bocor ke internet, dan akhirnya disebarluaskan dalam bentuk DVD. Kasusnya ini kemudian menjadi subyek penyelidikan resmi di bawah perintah kepala jaksa Teheran, Saeed Mortazavi. Sedangkan seseorang dalam rekaman, yang tidak disebutkan namanya, yang diduga sebagai pelaku yang menyebarluaskan video tersebut, diduga melarikan diri ke Armenia tetapi kemudian kembali ke Iran, dan dijatuhi tuduhan pelanggaran hukum moral publik. Dalam sebuah wawancara dengan Guardian, Ebrahimi menyangkal bahwa wanita dalam film itu adalah dirinya, dan mengungkapkan bahwa video itu adalah video palsu yang dibuat untuk menghancurkan karirnya. Setelah tertimpa skandal tersebut, dia akhirnya memilih menetap di negaranya.

Ebrahimi juga menyangkal adanya desas-desus bahwa dirinya bunuh diri. Dia sempat mengeluarkan pesan kepada masyarakat umum yang menegaskan bahwa dirinya masih hidup.

Lebih Lengkap